Berapa Lama Sebenarnya Indonesia Dijajah?


Belanda menjajah

Dalam buku-buku sejarah, dikatakan Belanda telah menjajah Indonesia selama lebih dari 350 tahun, namun apakah pernyataan tersebut benar?

Ucapan bung karno soal "Indonesia telah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun" sebenarnya itu untuk memangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme bangsa Indonesia untuk bangkit dan melawan kalau penjajahan yang lama itu sungguh membuat rakyat Indonesia semuanya menderita, apalagi banyak yang bilang dahulu kala, "Lebih baik dijajah Belanda 3,5 abad daripada dijajah jepang 3,5 tahun."

Balik lagi ke penjajahan, pada tahun 1590 kapal milik Houtman mendarat di Banten untuk perdagangan, bukan untuk menjajah. Apabila menjajah berarti dalam kapal tersebut berisi banyak prajurit dan sudah menyiapkan gencatan senjata. Namun nyatanya tidak!

Nama Indonesia berasal dari seorang etnolog berkebangsaan Inggris tahun 1850 silam, yang berarti kepulauan hindia.

Oh ya, menurut KBBI itu sendiri arti penjajahan adalah:
Menguasai atau Memerintah suatu daerah atau negara.
Jadi secara tidak langsung ya, hal ini baru terjadi ketika Belanda mendirikan VOC di tahun 1602. VOC adalah kongsi dagang plus-plus, yang tidak hanya bisa berdagang tetapi juga mengerahkan pasukan bersenjata untuk melancarkan misinya.

Jadi, faktanya adalah Indonesia hanya dijajah 343 tahun. Kronologinya gini:
Penjajahan

Belanda: 335 Tahun
Inggris: 5 Tahun
Jepang: 3 Tahun

Hey tapi tunggu dulu, walaupun Belanda menjajah lebih lama daripada jepang, seperti yang diutarakan tadi, sebenarnya penjajahan zaman jepang lebih kejam dan sadis dibandingkan dengan Belanda.

Tidak Penting Seberapa Lama

Sebenarnya hal seberapa lama indonesia dijajah tidak penting, yang harus kita pentingkan adalah masyarakat Indonesia yang adil dan damai dalam kemerdekaan sekarang.

Tidak ada lagi penjajahan, baik dari luar maupun dalam negara sendiri, karena sekarang ini sebenarnya Indonesia dijajah oleh bangsanya sendiri, kalau kamu tau pasti kamu mengerti kondisinya...

Semoga bermanfaat.
Berapa Lama Sebenarnya Indonesia Dijajah? Berapa Lama Sebenarnya Indonesia Dijajah? Reviewed by Stellarix on 4/14/2017 Rating: 5

No comments